Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Sunardi, Sunardi (2015) Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Sunardi.docx

Download (112kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 652 siswa. Sampel penelitian sebanyak 256 siswa yang diambil dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes potensi akademik, angket efikasi diri, angket kemandirian belajar dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi akademik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung sebesar 0,587 maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar 0,031. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung sebesar 0,235 maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar sebesar 0,021. Kata Kunci: Potensi Akademik, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:55
Last Modified: 24 Apr 2018 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7989

Actions (login required)

View Item View Item