Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN 3 Rijang Panua Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap.

Nengsi, Widia (2014) Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN 3 Rijang Panua Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (102kB) | Preview

ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua kecamatan kulo kabupaten sidrap. rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap? Adapun penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Penerapan pendekatan komunikatif pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua. 2) Hasil Belajar pada aspek keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua yang diperoleh pada saat proses pembelajaran yang dinilai secara lisan dengan cara menceritakan kembali. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 19 siswa yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategoti cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II menjadi kategori sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN 3 Rijang Panua Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:51
Last Modified: 24 Apr 2018 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item View Item