Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Makassar.

BURHAN, EKA ARIANI (2014) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
13.pdf

Download (205kB) | Preview

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Makassar.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Bertingkat mamajang II Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif kualitatif..Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. Untuk proses aktivitas mengajar guru diperoleh data dari setiap siklus yaitu siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik.Berdasarkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I dikategorikan kurang dikarenakan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, namun pada siklus II dikategorikan sangat baik karena penerapan metode eksperimen sudah mencapai indicator ketuntasan belajar yang di tentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:27
Last Modified: 24 Apr 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7983

Actions (login required)

View Item View Item