Penerapan Pembelajaran Remedial secara Kelompok dengan Bantuan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 4 Parepare

MAGDALENA, MAGDALENA (2015) Penerapan Pembelajaran Remedial secara Kelompok dengan Bantuan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 4 Parepare. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (115kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Parepare yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika pada siswa Kelas X.4 SMA Negeri 4 Parepare pada materi logika matematika melalui pembelajaran remedial secara kelompok dengan bantuan tutor sebaya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Parepare dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing lima kali pertemuan, empat kali pertemuan pada saat proses pembelajaran dan satu kali pertemuan tes siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas X.4 SMA Negeri 4 Parepare pada materi logika matematika dapat di tingkatkan melalui penerapan pembelajaran remedial secara kelompok dengan bantuan tutor sebaya. Hal ini ditandai dengan: (i) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21% yaitu dari pra tindakan (ulangan harian) sebesar 74% meningkat menjadi 95% pada pasca tindakan (siklus 1 dan siklus 2); (ii) Persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari setiap indikator soal dari pra tindakan (ulangan harian) meningkat pada pasca tindakan (siklus 1 dan siklus 2); dan (iii) Meningkatnya persentase rata-rata jumlah siswa yang melakukan aktivitas sesuai pembelajaran mengalami dari siklus I ke siklus II yakni sebesar 7% dari 60% pada siklus I meningkat menjadi 67% pada siklus II dan menurunnya persentase rata-rata jumlah siswa yang tidak melakukan aktivitas sesuai pembelajaran dari siklus I ke siklus II yakni sebesar 29% dari 78% pada siklus I turun menjadi 49% pada siklus II. Penelitian ini didukung pula dengan efektifnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan pembelajaran remedial secara kelompok dengan bantuan tutor sebaya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:24
Last Modified: 24 Apr 2018 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item