Implementation of Learning for Blind Chidren at Public School for Special Needs Children in South Sulawesi Province

Marhani, D (2013) Implementation of Learning for Blind Chidren at Public School for Special Needs Children in South Sulawesi Province. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MARHANI D..docx

Download (14kB)

Abstrak Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui implementasi pembelajaran anak tunanetra di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan jika dilihat dari materi, tata ruang kelas, media, metode dan sumber serta penilaian proses pembelajaran, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran anak tunanetra di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian dengan sumber data adalah kepala sekolah/wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang dilkukan adalah triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran anak tunanetra di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan belum maksimal. Gambaran implementasi pembelajaran anak tunanetra di SLBN Pembina menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran anak tunanetra dari segi materi, metode, tata ruang kelas, dan penilaian dalam pembelajaran telah terlaksana dengan baik sesuai dengan kebutuhan, karakteristik,dan kemampuan anak. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran dari segi media dan sumber pembelajaran belum terlaksana dengan baik, oleh karena sarana pembelajaran yang dapat digunakan oleh anak tunanetra masih terbatas. ABSTRACT MARHANI D. Implementation of Learning for Blind Chidren at Public School for Special Needs Children in South Sulawesi Province (Supervised by Jumadi Tangko and Marsus Suti). The study aime at axamining (1) the implementation of learning for blind children at public school for special needs children (SLB Pembina) in South Sulawesi province based on the material, classroom management, media, method sources, and evaluation of learning process, (2) the factors which influence the implementation of learning for blind children at SLB Negeri Pembina in South Sulawesi province. The study was a descriptive qualitative. The researcher was the instrument of the research and the data sources were the principal/vice-principal, teachers, and students. Data ewre collected through interview, observation, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data were validated by conducting triangulation and member check. The results of the study revealed that the implementation of learning for blind children at SLB Negeri Pembina in South Sulawesi province was not yet maximal. The description of the implementation of learning for blind children at SLB Negeri Pembina indicated that the implementation of learning for blind children at SLB Negeri Pembina was conducted well based on the needs, characteristics, and children competence, except the implementation of learning based on the media and the learning sources werw not conducted well yet.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:16
Last Modified: 28 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item