“Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD Inpres Perumnas IV Kecamatan Rappocini Kota Makassar”

Jumra, Amalia (2014) “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SD Inpres Perumnas IV Kecamatan Rappocini Kota Makassar”. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
11.pdf

Download (55kB) | Preview

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematika melalui pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas IV Kota Makassar dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Matematika Realistik pada Siswa kelas IV SD Inpres Perumnas IV Kota Makassar, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SD Inpres Perumnas IV Makassar. Fokus penelitian adalah penerapan pendekatan Matematika Realistik dan hasil belajar matematika murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar matematika. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, siklus I hasil belajar siswa dikategorikan cukup dan pada siklus II hasil belajar murid telah mencapai KKM yang telah ditentukan dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas IV Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:11
Last Modified: 24 Apr 2018 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item