MUSDANA, MUSDANA (2015) Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Belawa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Artikel.docx Download (277kB) |
Abstract
Permasalahandalampenelitianiniadalah“Bagaimana proses danhasilpengembangandesainpembelajarankooperatifberbasisTeori Van Hielepadasiswakelas X SMA Negeri 1 Belawa yang berkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan?”. Penelitianinitermasukpenelitiandesainkarenapadapenelitianinipenulisbertujuanuntukmenghasilkandesainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hiele yang berkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan.Desainpembelajaranpadapenelitianinidisusunmengikutialurpengembangan yang dilakukan Dick and Carey.Prosedurdesainpengembangan yang dilakukanolehpenelitidilakukansecarabersiklusseperti yang digambarkanolehMcKenney yang meliputi 3 tahap, yaituPreliminary design, Prototyping phase, danAssessment phase.Desainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hiele yang telahdidesaintelahdivalidasidandirevisitiga kali sehinggalayakuntukdigunakan.HasildariujicobaterbatasmenunjukkanbahwadesainpembelajarankooperatifberbasisTeori Van Hielebersifatefektifdanpraktis, yaitu (i) skor rata-rata yang diperolehsiswapadateshasilbelajaradalah 80,60 dariskor ideal 100 denganstandardeviasi 10,86. Dimana 22 dari25siswaatau 88,00% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (ii) dengan menggunakan desain pembelajaran kooperatif berbasis Teori Van Hiele, siswamenjadilebihaktifdalam proses pembelajaran;(iii) padaumumnyasiswamemberikanresponspositifterhadapkegiatanpembelajaran. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa proses danhasildesainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hielepadasiswakelas X SMA Negeri 1 Belawaberkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan. Implikasidaripenelitianini, disarankankepada guru matematika SMAkelas Xuntukmengimplementasikandesainpembelajaraninipadalingkup yang lebihluas, desainpembelajaraninidapatmenjadipanduanataucontohbagi guru matematikadalammembuatdesainpembelajaranpadamateri yang lain danbagipeneliti di bidangpendidikanmatematika yang berminatmelanjutkanpenelitianinidiharapkan agar mencermatisegalakelemahandanketerbatasanpenelitianini, sehinggapenelitian yang dilakukanbetul-betuldapatmenyempurnakanhasilpenelitianini. Kata kunci : Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif, Teori Van Hiele.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 06:06 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 06:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7975 |
Actions (login required)
View Item |