Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Belawa

MUSDANA, MUSDANA (2015) Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Belawa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (277kB)

Abstract

Permasalahandalampenelitianiniadalah“Bagaimana proses danhasilpengembangandesainpembelajarankooperatifberbasisTeori Van Hielepadasiswakelas X SMA Negeri 1 Belawa yang berkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan?”. Penelitianinitermasukpenelitiandesainkarenapadapenelitianinipenulisbertujuanuntukmenghasilkandesainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hiele yang berkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan.Desainpembelajaranpadapenelitianinidisusunmengikutialurpengembangan yang dilakukan Dick and Carey.Prosedurdesainpengembangan yang dilakukanolehpenelitidilakukansecarabersiklusseperti yang digambarkanolehMcKenney yang meliputi 3 tahap, yaituPreliminary design, Prototyping phase, danAssessment phase.Desainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hiele yang telahdidesaintelahdivalidasidandirevisitiga kali sehinggalayakuntukdigunakan.HasildariujicobaterbatasmenunjukkanbahwadesainpembelajarankooperatifberbasisTeori Van Hielebersifatefektifdanpraktis, yaitu (i) skor rata-rata yang diperolehsiswapadateshasilbelajaradalah 80,60 dariskor ideal 100 denganstandardeviasi 10,86. Dimana 22 dari25siswaatau 88,00% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (ii) dengan menggunakan desain pembelajaran kooperatif berbasis Teori Van Hiele, siswamenjadilebihaktifdalam proses pembelajaran;(iii) padaumumnyasiswamemberikanresponspositifterhadapkegiatanpembelajaran. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa proses danhasildesainpembelajaran model kooperatifberbasisTeori Van Hielepadasiswakelas X SMA Negeri 1 Belawaberkualitasbaikyaitumemenuhikriteriakevalidan, kepraktisandankeefektifan. Implikasidaripenelitianini, disarankankepada guru matematika SMAkelas Xuntukmengimplementasikandesainpembelajaraninipadalingkup yang lebihluas, desainpembelajaraninidapatmenjadipanduanataucontohbagi guru matematikadalammembuatdesainpembelajaranpadamateri yang lain danbagipeneliti di bidangpendidikanmatematika yang berminatmelanjutkanpenelitianinidiharapkan agar mencermatisegalakelemahandanketerbatasanpenelitianini, sehinggapenelitian yang dilakukanbetul-betuldapatmenyempurnakanhasilpenelitianini. Kata kunci : Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif, Teori Van Hiele.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:06
Last Modified: 24 Apr 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7975

Actions (login required)

View Item View Item