Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

OSMAN, AFRIYANTI (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
9.pdf

Download (99kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini dilandasi dengan kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw oleh guru dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa siklus I masih menunjukkan kategori kurang (K) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B), hal ini sama dengan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dari kategori kurang (K) pada siklus I dan kategori baik (B) pada siklus II. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 13 Palakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:56
Last Modified: 24 Apr 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item View Item