Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif pada siswa kelas viii smp negeri 5 wonomulyo sulbar

RESKIAH, RESKIAH (2017) Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif pada siswa kelas viii smp negeri 5 wonomulyo sulbar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, baik siswa yang mempunyai gaya kognitif tipe field independent (FI) maupun siswa yang mempunyai gaya kognitif tipe field dependent FD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wonomulyo Sulbar pada semester genap. Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 4 orang siswa yang masing-masing terdiri dari dua orang yang bergaya kognitif FI dan bergaya kognitif FD. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) menggunakan proses berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah aljabar baik untuk masalah yang memuat penugasan maupun masalah yang memuat hubungan beberapa fakta dengan karakteristik yaitu: bisa menjelaskan apa yang telah dilakukan, mengkomunikasikan ide/gagasan dengan simbol atau gambar bukan dengan objek langsung, menentukan solusi/jawaban dengan penuh pertimbangan, menyadari kesalahan dan memperbaikinya, dan memeriksa kembali kebenaran jawaban. Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) menampilkan hal berbeda yaitu untuk masalah yang memuat penugasan, karakteristik berpikir reflektif siswa Field Dependent yaitu: bisa menjelaskan apa yang telah dilakukan, mengkomunikasikan ide dengan simbol atau gambar bukan dengan objek langsung, serta menentukan solusi/jawaban dengan penuh pertimbangan. Namun, untuk masalah yang memuat hubungan beberapa fakta, karakteristik berpikir reflektif siswa Field Dependent yaitu hanya bisa menjelaskan apa yang telah dilakukan. Dengan demikian siswa Field Dependent dalam menyelesaikan masalah aljabar baik untuk masalah yang memuat penugasan maupun masalah yang memuat hubungan beberapa fakta tidak menampakkan karakteristik proses berpikir reflektifnya yaitu tidak memeriksa kembali kebenaran jawaban dan tidak menyadari kesalahan kemudian tidak memperbaikinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:45
Last Modified: 24 Apr 2018 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item