Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Teknik Brainstorming (Ramu Pendapat) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere Kabupaten Bantaeng

SARINI, SARINI (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Teknik Brainstorming (Ramu Pendapat) Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS SARINI.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi melalui teknik brainstorming (ramu pendapat) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere Kabupaten Bantaeng dengan jumlah siswa 28 orang pada tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi dan tes kemampuan menulis teks eksposisi untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan sebagai acuan untuk mengukur kemampuan menulis teks eksposisi siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 70 atau 2,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik brainstorming (ramu pendapat), keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere Kabupaten Bantaeng pada setiap tahap yakni; perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi meningkat. Guru mata pelajaran dinilai berhasil dalam meningkatkan dan melakukan perencanaan pembelajaran yang memberi efek yang lebih baik. Tahap tindakan, peserta didik mengalami perubahan sikap menjadi lebih baik. Tahap evaluasi, hasil tes kemampuan menulis teks eksposisi dengan memerhatikan beberapa aspek, meliputi isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan ejaan/mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 63,79 atau 2,55, artinya siswa belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditentukan. Pada siklus II, siswa sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan nilai rata-rata perolehan sebesar 79,5 atau 3,18. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan dalam dua siklus, penerapan teknik brainstorming (ramu pendapat) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siwa kelas VII SMP Negeri 1 Ulu Ere. Kata kunci: teknik brainstorming (ramu pendapat), keterampilan menulis, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:37
Last Modified: 24 Apr 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item