Komparasi Keefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajukukang Kabupaten Bantaeng

KAHARUDDIN, KAHARUDDIN (2017) Komparasi Keefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajukukang Kabupaten Bantaeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (43kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara pendekatan Saintifik setting kooperatif dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) setting kooperatif. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajukukang dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelompokeksperimen Iyakni kelas VIII.D diajarkan menggunakan pendekatan Saintifik setting kooperatif dan kelompok eksperimen II yakni kelas VIII.C diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) setting kooperatif yang dipilih menggunakan teknik simple clusterrandom sampling.Data yang dikumpulkan terdiriatas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Saintifik setting Kooperatif berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,39, median 84,50, dan standar deviasi5,827. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,03. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangatbaik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) setting kooperatif berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 80,81, median 80,00, dan standar deviasi 5,916. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,037. Aktivitas siswa berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Saintifik setting kooperatif lebih efektif daripadapendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) setting kooperatif dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajukukang. Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Saintifik, dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:28
Last Modified: 24 Apr 2018 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7962

Actions (login required)

View Item View Item