Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

SAHARIAH, SAHARIAH (2016) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
SAHARIAH.docx

Download (37kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, (2) mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa setelah diberikan pendekatan saintifik, (3) mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini True Experimental Design dengan desain Pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh kelas V SDI Bulogading I pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 50 orang siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh sebanyak 40 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dilaksanakan melalui tahap mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan sudah terlaksana dengan baik. (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik berada pada kategori rendah sebelum diberikan perlakuan dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. (3) terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD Inpres Bulogading I Kec. Bontonompo Kab. Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:30
Last Modified: 24 Apr 2018 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item