Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Model Kooperatif tipe STAD Untuk Materi Kubus dan Balok pada Kelas V SDIT Al-Fityan School Gowa

JUMRIADI, JUMRIADI (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Model Kooperatif tipe STAD Untuk Materi Kubus dan Balok pada Kelas V SDIT Al-Fityan School Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKELKU.docx

Download (57kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD untuk materi kubus dan balok yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Buku Guru (BG), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Lembar Penilaian (LP). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDIT Al-Fityan School Gowa, dengan jumlah siswa sebanyak 47 orang terbagi dalam 2 kelas. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran atau sosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD untuk materi untuk kubus dan balok pada kelas V SD yang valid, praktis dan efektif, untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD untuk materi kubus dan balok pada kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian dari dua kali ujicoba menunjukkan bahwa ujicoba pertama (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 89,68 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 9,969. Dimana 22 orang dari 25 orang siswa atau 88% memenuhi ketuntasan klasikal sedangkan ujicoba kedua skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 91,86 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,935. Dimana 20 orang dari 22 orang siswa atau 90,91% memenuhi ketuntasan klasikal. Data ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai pada uji coba pertama dan kedua; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa dan guru memberikan respons yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; dan (4) tingkat kemampuan guru mengelola proses pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori sangat baik, artinya penampilan guru dapat dipertahankan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik model kooperatif tipe STAD yang dikembangkan telah memenuhi syarat Valid, Efektif, dan Praktis. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Matematika Realistik, Model Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD)

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:12
Last Modified: 24 Apr 2018 05:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item