Using Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina di Beabunta, Kabupaten Luwu Utara

Inek, Alriani (2013) Using Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina di Beabunta, Kabupaten Luwu Utara. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Alriani, Inek.docx

Download (16kB)

ABSTRAK INEKE ALRIANI. Using Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina di Beabunta, Kabupaten Luwu Utara. (dibimbing oleh Mansyur Hamid dan Sulaiman Samad). Penelitian tentang penggunaan Alat Permainan Edukatif dengan menggunakan kartu kata. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan penggunaan alat permainan edukatif (APE) kartu kata pada Anak Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Beabunta, Kabupaten Luwu Utara?, (2) Bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan pada Anak Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Beabunta, Kabupaten Luwu Utara?, (3) Apakah penggunaan alat permainan edukatif (APE) kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada Anak Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Beabunta, Kabupaten Luwu Utara? Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest and posttest one group design. Pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, test, dan teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi dan sampel penelitian adalah anak usia dini yang berjumlah 25 anak . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran pengelolaan penggunaan alat permainan edukatif (APE) dengan menggunakan kartu kata pada anak Taman Kanak-kanak Pembina di Beabunta Kabupaten Luwu Utara digambarkan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, penyajian, dan pelaksanaan kegiatan; metode/teknik yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE), dan waktu pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE;(2) Gambaran kemampuan membaca permulaan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Pembina Beabunta, Kabupaten Luwu Utara sebelum diberi perlakuan yaitu pada pretest berada pada kategori tinggi dan sedang. Sendangakan setelah pembelajaran melalui Alat Permainan Edukatif dengan menggunakan kartu kata nilai anak pada posttest meningkat dan nilai anak seluruhnya berada dalam kategori tinggi, (3) Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dengan menggunakan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak. Ini berarti kemampuan membaca permulaan anak seteleh diberi perlakuan meningkat dibandingkan sebelum diberi perlakuan. ABSTRACT INEKE ALRIANI. Using Educational Games Tools through Word Cards to Improve Children’s Begining Reading Ability at Kindergarten Pembina in Beabunta , North Luwu. (Guided by Mansyur Hamid and Sulaiman Samad). This research was about the use of Educational Games Tools with word cards. The problem statements of this study were (1) How is the description of using Educational Games tools through word card at Kindergarten Pembina in Beabunta, Luwu Utara?, (2) How is the description of children’s beginning reading ability at Kindergarten Pembina in Beabunta North Luwu?, (3) Is the use of Educational Games Tools can improve children’s beginning reading ability at Kindergarten Pembina in Beabunta North Luwu? The research method used pre-experimental design with a one group pretest and posttest design. The data collection used observation, testing, and documentation techniques. In this study, the population and sample were early childhood, which numbered 25 children. The results of this study indicated that (1) The description of using Educational Games Tools through word cards for children Kindergarten Pemnina in Beabunta, North Luwu described in three phases, namely planning, presentation, and implementation of activities; methods / techniques used in the implementation of activities by using Educational Games Tools, and the time of activities implementation in using Educational Games Tools, (2) The description of children’s beginning reading ability to Kindergarten Pembina in Beabunta, North Luwu before being treated pretest were at high and medium categories. While, after learning through games Educational Tool using the word cards on the posttest increased and the children entirely within the high category, (3) The use of Educational Games Tools through word cards can improve children beginning reading skills. This means that the beginning of the children reading ability improved after be being treated of Educational Games Tools through word cards.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:38
Last Modified: 28 Jun 2016 04:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item