Pengaruh Persepsi Siswa Terkait Pola Pembinaan Guru , Kesiapan Belajar, dan Partisispasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Metamtika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Rappocini di Kota Makassar

NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Terkait Pola Pembinaan Guru , Kesiapan Belajar, dan Partisispasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Metamtika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Rappocini di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.docx

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah utama yang diperhatikan dalam penelitian ini, adalah hasil belajar matematika siswa dan variabel-variabel yang mungkin mempengaruhinya (persepsi siswa terkait pola pembinaan guru, kesiapan belajar, dan partisispasi siswa dalam pembelajaran). Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se- kecamatan Rappocini di kota Makassar tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan dengan ukuran sampel 258 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional stratifed random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh positif persepsi siswa terkait pola pembinaan guru terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh positif persepsi siswa terkait pola pembinaan guru terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) Untuk mengetahui pengaruh positif persepsi siswa terkait pola pembinaan guru terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan (5) Untuk mengetahui pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analysis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terkait pola pembinaan guru secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika sekitar 5%, (2) kesiapan belajar secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika sekitar 6%, (3) partisipasi siswa dalam pembelajaran secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika sekitar 12%, (4) persepsi siswa terkait pola pembinaan guru yang secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran sebesar 0,7%, dan (5) kesiapan belajar yang secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran sebesar 3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:54
Last Modified: 24 Apr 2018 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item