Tata Kelola Media Pembelajaran Berbasis Audio pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu

TAHRIM, TASDIN (2015) Tata Kelola Media Pembelajaran Berbasis Audio pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
RESUME TASDIN (TATA KELOLA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO.doc

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). ntuk mengetahui gambaran perencanaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 2). untuk mengetahui gambaran pengorganisasian media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia 3). untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan 4). untuk mengetahui gambaran evaluasi penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menemukan sifat atau pengalaman seseorang dengan suatu fenomena yaitu tata kelola media pembelajaran Berbasis Audio Visual . Data dikumpulkan melalui : keterlibatan stakeholder melalui perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasi pengelolaan media pembelajaran SMA 1 Larompong. Tata kelola media pembelajaran Berbasis Audio Visual diperoleh melalui dua sumber data yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan focus discussion group. Hasil Penelitian menunjukkan: 1).Tata kelola perencanaan media pembelajaran berbasis audio visual diawali dengan pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajarannya dalam RPP dengan prinsip-prinsip penggunaan media audio-visual. 2) Tata kelola pengorganisasian yaitu mengatur jadwal penggunaan media. Guru yang mengajar menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan pemanfaatan media audio visual. 3) Tata kelola penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu untuk alokasi waktu 4 x 45 menit dilaksanakan 2 kali pertemuan: pada pertemuan I, kegiatan awal 5 menit (apersepsi). Kegiatan Inti 70 menit (Eksplorasi) (Elaborasi) (Konfirmasi). Kegiatan Akhir 15 menit (Simpulan/tugas). 4).Tata kelola evaluasi penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal. Siswa yang memperoleh nilai KKM melebihi dari nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah berarti siswa tersebut sudah dapat belajar dengan tuntas, sebaliknya jika siswa yang memperoleh nilai KKM lebih kecil dan nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah maka siswa tersebut dikatakan belum tuntas belajarnya. Siswa tersebut akan diberikan layanan remedial oleh guru mata pelajaran dan bagi yang telah memenuhi KKM, maka diberikan pengayaan. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:56
Last Modified: 24 Apr 2018 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item View Item