Analisis Kompetensi Guru Matematika Pada SMK Pelayaran di Kota Makassar

Sapan, Amika (2015) Analisis Kompetensi Guru Matematika Pada SMK Pelayaran di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel amika.docx

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi penting dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan profesinya sebagai tenaga pengajar dan pendidik pada lingkup sekolah. Kenyataan menunjukkan bahwa hasil data yang diperoleh, mengenai kompetensi dan kapabilitas pengajar, tergolong masih belum memuaskan. Seorang guru yang memiliki kompetensi yang baik dalam profesinya, akan dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan lebih efisien, efektif, tepat waktu, dan tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang kompetensi guru sebagai pengajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data berupa angka-angka yang dianalisis dengan cara mendeskripsikan atau menjelaskan melalui tabel dan persentase. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kenyataan yang ada kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru matematika belum maksimal tercapai, hal ini dapat dilihat dari kriteria profesionalisme guru. Dengan kata lain, guru matematika di sekolah tersebut masih perlu mengikuti pelatihan-pelatihan/diklat pengembangan kompetensi guru sehingga mutu pendidikan dan kualitas gurunya pun akan meningkat. Jenis data diperoleh melalui tes kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, pengisian angket dan observasi pada guru matematika langsung dan kepala sekolah. Hasil tes : (1) kompetensi pedagogik menunjukkan bahwa 3 orang guru berkategori tinggi (baik) dan 2 orang guru berkategori sedang (cukup baik); (2) kompetensi profesional menunjukkan 2 orang guru berkategori tinggi (baik) dan 3 orang guru berkategori sedang (cukup baik). Sedangkan hasil angket dari : (1) Kompetensi pedagogik diperoleh 3 orang guru berkategori sangat baik dan 2 orang guru berkategori baik; (2) Kompetensi profesional diperoleh 2 orang guru berkategori sangat baik, 2 orang guru berkategori baik dan 1 orang guru berkategori cukup baik ; (3) Kompetensi Kepribadian 3 orang guru berkategori baik, 1 orang guru berkategori cukup baik dan 1 orang guru berkategori kurang baik; (4) Kompetensi sosial diperoleh 3 orang guru berkategori baik, 2 orang guru berkategori cukup baik. Dari hasil tes, angket dan observasi dapat diambil kesimpulan bahwa tiga (3) orang guru termasuk dalam kriteria guru profesionalis, 1 orang guru termasuk dalam kriteria cukup profesional dan 1 orang guru termasuk dalam kriteria tidak profesional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:36
Last Modified: 24 Apr 2018 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item