Manajemen Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Padduppa Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo

AKO, AMBO (2015) Manajemen Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Padduppa Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (42kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam memajukan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih memprihatinkan. SDN 1 Padduppa salah satu sekolah favorit di Kabupaten Wajo telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi. Keberhasilan tersebut tentunya tidak terlepas dari teknik manajemen sekolah yang diterapkan. Dalam hal ini, penerapan manajemen sekolah sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana penerapan manajemen peningkatan kualitas pendidikan di SDN 1 Padduppa Kec. Tempe Kab. Wajo? (ii) faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen peningkatan kualitas pendidikan di SDN 1 Padduppa Kec. Tempe Kab. Wajo? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mendeskripsikan penerapan manajemen peningkatan kualitas pendidikan di SDN 1 Padduppa Kec. Tempe Kab. Wajo; (ii) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen peningkatan kualitas pendidikan di SDN 1 Padduppa Kec. Tempe Kab. Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview) dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) SDN 1 Padduppa menerapkan sistem manajemen pendidikan yang ditinjau melalui 4 komponen sekolah yaitu untuk manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, dan manajemen sarana dan prasarana. Implementasi manajemen diterapkan dengan baik dan berjalan secara efektif. Penerapan kurikulum 2013, pengembangan karir guru, pembinaan peserta didik, serta penyediaan sarana dan prasarana dilaksanakan dengan baik. (ii) faktor-faktor yang bisa mendukung dan menghambat penerapan manajemen peningkatan kualitas pendidikan di SDN 1 Padduppa meliputi kemampuan manajerial kepala sekolah dalam memimpin dan melakukan kerja sama, profesionalisme guru yang meliputi kinerja dan kualitas guru dalam mendidik, serta dukungan stakeholder yang terdiri dari pemerintah, masyarakat, dan orang tua siswa di dalam memberikan bantuan, baik dukungan materil, moril, pikiran, maupun kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:25
Last Modified: 24 Apr 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item