Perbandingan Metode Pembelajaran Audio Visual Dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kata Jion Dalam Olahraga Karate Pada Karateka Ranting Inkanas UNM

RAHMAN, ANDI ABDUL (2017) Perbandingan Metode Pembelajaran Audio Visual Dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kata Jion Dalam Olahraga Karate Pada Karateka Ranting Inkanas UNM. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL1.docx

Download (228kB)

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran audio visual dengan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar kata jion dalam olahraga karate pada karateka ranting inkanas unm, jenis penelitian eksperimen yang paling faktual karena menggunakan perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di ranting inkanas unm di phinisi, jl. a. p. pettarani, makassar.Populasi penelitian ini adalah seluruh karateka ranting Inkanas UNM yang berjumlah 40 dan teknik pengambilan sampel menggunakan boring sampling, sampelnya terdiri dari 20 karateka dilakukan perlakuan menggunakan metode pembelajaran audio visual dan 20 karateka dilakukan perlakuan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Data karateka diperoleh dengan menggunakan lembar tes instrument untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kata jion, pada proses penilaian tes instrument di analisis, data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar kata jion, dan analisis inferensial untuk menguji hipotesisp penelitian dengan menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh penerapan metode pembelajaran audio visual dari hasil belajar kata jion rata-rata pre tes kesesuaian 2,25 postesnya 4,40 , pre tes kinerja teknis 2,65 posttesnya 4,25, dan pre tes kinerja atletic 2,20 postesnya 4,45. (2) ada pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi dari hasil belajar kata jion rata-rata pre tes kesesuaian 2,00 postesnya 4,55 , pre tes kinerja teknis 2,15 postesnya 4,55, dan pre tes kinerja atletic 2,30 postesnya 4,45. (3) ada pebedaan perbandingan metode pembelajaran audio visual dengan metode pembelajaran demonstrasi dari hasil belajar kata jion rata rata postes kesesuaian audio visual 4,00 dibandingkan postes kesesuaian demonstrasi 4,60 , postes kinerja teknis audio visual 3,95 dibandingkan postes kinerja teknis demonstrasi 4,60 , postes kinerja atletic audio visual 3,90 dibandingkan postes kinerja atletic demonstrasi 4,65.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:49
Last Modified: 24 Apr 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item