Keefektifan Strategi Menyimak Kreatif Dengan Gaya Terapi dalam Memahami Teks Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap

Yakub, Herni (2014) Keefektifan Strategi Menyimak Kreatif Dengan Gaya Terapi dalam Memahami Teks Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Herni Yalub.docx

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa memahami teks berita dengan menggunakan dan tanpa menggunakan strategi menyimak kreatif dengan gaya terapi serta untuk mendeskripsikan keefektifan strategi menyimak kreatif dengan gaya terapi dalam pembelajaran memahami teks berita siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan atau tidak pada suatu keadaan yang dikontrol secara ketat setelah diberikan perlakuan (treatment). Dalam penelitian ini, instrumen penunjang yang digunakan adalah tes menyimak kreatif dengan gaya terapi. Tes diberikan dua kali, yaitu pre-test dan post-test yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Pre-test dilakukan sebelum treatmen, tindakan selanjutnya adalah post-tes. Tes itu sama dengan soal pre-test, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial parametrik jenis Paired Sampel T Test yang diolah dengan program komputer sistem Statistical Product Service Solution (SPSS) versi 15 windows. Subjek penelitian ini dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu siswa kelas IX 1 sebanyak 25 orang sebagai kelompok/kelas eksprimen dan siswa kelas IX 6 sebanyak 25 orang sebagai kelompok/kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap dengan menggunakan stratagi menyimak kreatif dengan gaya terapi rata-rata lebih tinggi dibanding dengan tanpa menggunakan strategi menyimak kreatif dengan gaya terapi. Hal ini berarti bahwa strategi menyimak kreatif dengan gaya terapi efektif diterapkan dalam pembelajaran memahami teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru hendaknya menerapkan pembelajaran menyimak kreatif dengan gaya terapi sebagai salah satu alternatif pembelajaran menyimak disekolah dan bagi peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh pemanfaatan pembelajaran menyimak kreatif jenis yang lain terhadap proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:55
Last Modified: 24 Apr 2018 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item View Item