enerapan Teori Belajar Dienes Setting Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Kelas V SDN No. 48 Bontosunggu Kota Kabupaten Jeneponto

NURAENI, NURAENI (2017) enerapan Teori Belajar Dienes Setting Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Kelas V SDN No. 48 Bontosunggu Kota Kabupaten Jeneponto. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
NURAENI ARTIKEL.docx

Download (52kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan prosedur pelaksanaan untuk masing-masing siklus melalui tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN. No. 48 Bontosunggu Kota Jeneponto tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan Teori belajar Dienes setting kooperatif tipe TGT. Indikator keberhasilan tindakan yang digunakan adalah (1) terjadi peningkatan kualitas proses dari observasi awal ke siklus I dan siklus-siklus berikutnya, yang ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang didukung oleh kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal berada pada kategori tinggi; (2) nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes mengalami peningkatan dan mencapai sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai hasil belajar minimal 70; (3) respons siswa terhadap kegiatan proses belajar mengajar yang dialaminya, mencapai lebih dari 50% siswa memberikan respons positif terhadap minimal 70% dari jumlah aspek yang ditanyakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui penerapan teori belajar Dienes setting kooperatif tipe TGT, dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar matematika siswa, yang ditunjukkan oleh meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi; (2) persentase ketuntasan belajar matematika siswa meningkat dari 30% pada observasi awal menjadi 57% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83%; dan (3) respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dialaminya adalah positif mencapai rata-rata 91%. Sebagai aplikasi dari hasil penelitian ini, disarankan agar dalam kegiatan pembelajaran, khususnya untuk materi pecahan, hendaknya guru menggunakan penerapan teori belajar Dienes setting kooperatif tipe TGT. Kata kunci: Teori belajar Dienes, kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:40
Last Modified: 24 Apr 2018 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item View Item