Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI MA DDI Lil Banat Parepare

NAHRIAH, NAHRIAH (2016) Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI MA DDI Lil Banat Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran metematika. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah pembelajaran yang dilakukan dikelas selama ini tidak bermakna dan berkesan. Pembelajaran hanya lewat begitu saja dalam benak mereka tanpa ada usaha yang lebih untuk menguasainya, utamanya pada pelajaran matematika Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah DDI Lil banat kota Parepare dan yang menjadi subjeknya adalah kelas XI pada pelajaran Matematika dengan materi statistika. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan: (1) Test Hasil Belajar, (2) Aktivitas Siswa, (3) Respon Siswa dan analisis Inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis terhadap data-data yang terkumpul melalui instrumen penelitian, maka kesimpulan umum yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah: 1) sebagian besar siswa mendapatkan ketuntasan dalam belajar matematika pada materi Statistika; 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai kriteria ideal; 3) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika setelah diberikan perlakuan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dan merasa lebih baik dari model pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 95% dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu minimal 85% siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajarnya (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran selama empat kali pertemuan berada pada kategori sangat aktif sehingga memenuhi kriteria ideal, (3) respon positif yang diperlihatkan oleh siswa sangat baik yaitu sebesar 87% dan masuk pada kategori tinggi. Sedangkan menurut analisis inferensial untuk menguji hipotesis berdasarkan analisis nilai gain yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dimana memperlihatkan bahwa 5% siswa memperoleh nilai gain yang tinggi, 80% siswa yang memperoleh nilai gain yang sedang dan 15% siswa yang memperoleh nilai gain yang rendah. Hasil dari nilai gain dengan pengujian hipotesis maka diperoleh p < 0,001 yang berarti bahwa p < α maka ditolak. Dengan demikian rata-rata nilai gain secara signifikan berada diatas 0,3 berarti ada peningkatan secara signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kata kunci : Efektivitas, Discovery Learning, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:30
Last Modified: 24 Apr 2018 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7908

Actions (login required)

View Item View Item