Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Siswa Tuna grahita Ringan di YPPLB Makassar

HABIBA, HABIBA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Siswa Tuna grahita Ringan di YPPLB Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (52kB)

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca kata siswa tunagrahita ringan di SLB-C YPPLB Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca kata siswa tunagrahita ringan di SLB-C YPPLB Makassar, 2) Kemampuan membaca kata sebelum penerapan model pembelajaran make a match, 3) Kemampuan membaca kata setelah penerapan model pembelajaran make a match. Penelitian ini adalah jenis eksperimen subjek tunggal ( Single Subject Research ). Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Subjek penelitian berjumlah empat orang siswa tunagrahita ringan. Pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian sebelum penerapan model pembelajaran make a match (fase baseline A-1) yang diperoleh subjek penelitian sebanyak empat sesi diberikan tes menunjukkan, bahwa kemampuan membaca kata dengan indikator membaca huruf, suku kata, dan kata diperoleh rata-rata nilai kurang artinya tidak memenuhi kriteria persentase kemampuan. Untuk meningkatkan kemampuan membaca kata dengan indikator membaca huruf, suku kata, dan kata pada fase intervensi diterapkan model pembelajaran make a match. Hasil yang diperoleh masing-masing subjek sebanyak sembilan sesi dilakukan tes menunjukkan kestabilan. Artinya hasil tes membaca kata memenuhi kriteria. Untuk mengetahui sejauh mana hasil pengukuran intervensi, maka dilakukan tes pada fase baseline 2 (A-2). Hasil pengukuran kemampuan membaca dengan indikator membaca huruf, suku kata, dan kata pada fase baseline A-2, diperoleh masing-masing subjek menunjukkan kestabilan, artinya memenuhi kriteria persentase kemampuan. Hasil penelitian sebelum dan setelah penerapan model pembalajaran make a match menunjukkan adanya peningkatan. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca kata siswa tunagrahita ringan di SLB-C YPPLB Makassar. Kata kunci: Make A Match dan membaca kata.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 00:59
Last Modified: 24 Apr 2018 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item