Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Sikap Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

NINA, NINA (2017) Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Sikap Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal penelitian nina.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Gaya mengajar guru menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Banyak guru yang pintar dan berilmu tetapi dalam proses menyampaikan materi pelajaran tidak sesuai dengan kebutuhan siswa, oleh karena itu guru harus memiliki gaya mengajar yang baik yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui gambaran gaya mengajar guru, sikap belajar siswa dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang; 2) Untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru dengan Prestasi belajar siswa Sekolah Dasar negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang; 3). Untuk mengetahui hubungan sikap belajar siswa dengan prestasi belajar siswa sekolah Dasar negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang dan 4). Untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru dan sikap belajar siswa secara bersama-sama prestasi belajar siswa Sekolah Dasar negeri di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang Penelitian ini adalah penelitian Ex post Facto, populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri di kecamatan Anggeraja. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104 Tontonan, SDN 33 Sossok dan SDN 17 Singki dengan sampel Siswa kelas V dari sekolah tiga sekolah tersebut sebanyak 72 siswa . Instrument yang digunakan adalah angket gaya mengajar guru dan angket sikap belajar siswa kemudian nilai raport semester ganjil untuk instrumen penilaian prestasi belajar siswa. Data penelitian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan korelasi Product Moment dan regresi ganda dengan uji signifikansi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya mengajar guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Anggeraja sudah baik, prestasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Anggeraja sudah baik dan prestasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Anggeraja juga sudah baik, 2) ada hubungan positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Anggeraja dengan nilai keeratan 36 %. 3) ada hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Anggeraja dengan nilaikeeratan 27,2 %. 4) ada hubungan positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dan sikap belajar siswa secara bersama sama dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) gaya mengajar guru kategori baik, sikap belajar siswa kategori baik dan prestasi belajar siswa kategori baik, 2) gaya mengajar guru mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa, 3) sikap belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa dan 4) gaya mengajar guru dan sikap belajar siswa bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 00:39
Last Modified: 24 Apr 2018 00:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7901

Actions (login required)

View Item View Item