Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis web pada konsep sistem pencernaan di Sekolah Menengah Atas

SAFIRA, IFA (2016) Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis web pada konsep sistem pencernaan di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I .docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berbasis web menggunakan Moodle yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada konsep sistem pencernaan. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan media pembelajaran berbasis web dan instrumen penilaian kevalidan angket, (2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran Biologi berbasis web, dan (3) instrumen keefektifan berupa tes evaluasi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan media oleh tiga validator yaitu 4,80 (valid). Kepraktisan media diperoleh respon guru sebesar 92,00% (sangat kuat) dan respon siswa sebesar 88,96% (sangat kuat). Keefektifan media diperoleh 88,88% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar. Peningkatan hasil belajar Biologi berdasarkan analisis gain ternormalisasi yang diperoleh yaitu 0,73 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Biologi berbasis web yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, Biologi, web

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:30
Last Modified: 23 Apr 2018 08:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7898

Actions (login required)

View Item View Item