Inovasi Pelayanan Publik melalui kegiatan Government Mobile di Kabupaten Gorontalo

VAN GOBEL, LISDA (2016) Inovasi Pelayanan Publik melalui kegiatan Government Mobile di Kabupaten Gorontalo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk untuk menjelaskan dan menganalisis inovasi pelayanan publik melalui kegiatan Government Mobile di Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif, pendekatan studi kasus untuk menjelaskan fenomen realitas pelayanan publik dalam konteks Government Mobile dan menginterpretasikan berdasarkan dunia responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, kegiatan goverment mobile sebagai inovasi, belum maksimal menyediakan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dasar, perizinan dan pembangunan. Masih cukup banyak masyarakat miskin yang belum terlayani secara merata, pelayanan perizinan masih menempatkan kepuasan masyarakat sebagai customer (pelanggan), dan belum menempatkan perubahan nilai-nilai masyarakat sebagai citizen (warga negara) yang memiliki hak untuk memperoleh pelayanan yang berkualitas, pelayanan pembangunan belum berimplikasi pada perubahan pola pikir masyarakat yang selalu aktif melibatkan diri pada setiap kegiatan program pembangunan. Kegiatan GM (government mobile) sebagai inovasi untuk penyediaan pelayanan dasar, perizinan, dan pembangunan, belum memenuhi unsur keefisienan, keefektifan, kemanfaatan, ketepatan dan keberlanjutan. Kefisienan dalam hal biaya kegiatan di lokasi GM, keefektifan dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar, perkembangan usaha, keterlibatan masyarakat, dan kemanfaatan yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat, ketepatan dalam pengambilan kebijakan keberlanjutan pelayanan yang memungkinkan kemandirian masyarakat. Penyediaan pelayanan belum berorientasi pada perubahan paradigma yang berlandaskan pada konsep inovasi pelayanan yang memiliki atribut compability (kesesuaian), relative advantage (keuntungan relative), complexity (kerumitan), triability (kemungkinan dicoba), dan observability (kemudahan diamati), yang lebih menekankan pada berkembangnya kultur dan manajemen pelayanan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat pengguna jasa. Motto “tuntas masalah, tuntas program, dan tuntas anggaran” yang dijadikan sebagai motivasi dalam setiap pelaksanaan government mobile, terkesan formalisme administratif karena mengabaikan keefisienan, keefektifan, kemanfaatan, keterjangkauan, ketepatan,dan keberlanjutan. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:20
Last Modified: 23 Apr 2018 08:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7896

Actions (login required)

View Item View Item