Hubungan Program Pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dengan Perilaku Sosial Anak Jalanan di Kota Makassar

KURNIATI, KURNIATI (2016) Hubungan Program Pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dengan Perilaku Sosial Anak Jalanan di Kota Makassar. S1 thesis, FIP.

[img] Text
C. Bab I.docx

Download (27kB)

ABSTRAK Studi ini mengkaji tentang hubungan program pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dengan perilaku sosial anak jalanan di Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana keadaan secara deskriptif program pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan Kota Makassar? (2) Bagaimana keadaan secara deskriptif perilaku sosial anak jalanan di Kota Makassar? dan (3) Apakah ada hubungan antara program pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dengan perilaku sosial anak jalanan di Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan program pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan Kota Makassar, (2) Mendeskripsikan perilaku sosial anak jalanan di Kota Makassar, (3) Menguji ada tidaknya hubungan program pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dengan perilaku sosial anak jalanan di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program Pembinaan yang dilakukan Komunitas Pecinta Anak Jalanan sudah dilaksanakan dengan baik. Melalui berbagai bentuk pembinaan ini dapat membantu anak jalanan binaan Komunitas Pecinta Anak Jalanan dalam mengembangkan sikap dan keterampilan yang dimiliki sebagai upaya perbaikan pola kehidupan mereka yang lebih baik, (2) perilaku sosial yang dimiliki anak jalanan sudah termasuk baik. Hal ini dapat membantu anak jalanan dalam menjalankan kehidupan sesuai dengan tuntutan sosial yang berlaku di masyarakat, (3) Ada hubungan positif Program Pembinaan Komunitas Pecinta Anak Jalana dengan Perilaku Sosial Anak Jalanan Kota Makassar dibuktikan dengan diterimanya hipotesis. Hal ini menunjukkan bahwa dengan pelaksanaan program pembinaan yang baik akan membentuk perilaku sosial anak jalanan yang lebih baik pula.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:58
Last Modified: 23 Apr 2018 07:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item