Implementasi Moving Class SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap

RASMIDAH, RASMIDAH (2015) Implementasi Moving Class SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RASMIDAH.docx

Download (67kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran implementasi moving class di SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi moving class di SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yang didasarkan pada data alamiah berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek yang diteliti. Dalam pengumpulan datanya, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang dikumpulkan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian dan faktor pendukung dan penghambat implementasi moving class. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber data, yakni informan dan dokumen. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi dan member chek. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran implementasi moving class di SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap, pada tahap perencanaan dan pelaksanaan moving class telah dilakukan dengan baik oleh pihak kepala sekolah selaku pemimpin di sekolah, pada tahap pelaksanaan moving class pada dasarnya berjalan dengan optimal sebagaimana yang direncanakan dan pada tahap pengevaluasian dilakukan secara rutin oleh kepala sekolah sehingga kepala sekolah mengetahui sejauhmana keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan sistem pembelajaran moving class sehingga ada refleksi untuk melakukan perbaikan/penyempurnaan pelaksanaan sistem pembelajaran moving class (2) faktor pendukung pelaksanaan moving class di SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap adalah tenaga guru, ruang kelas yang digunakan untuk moving class telah tercukupi, sistem pembelajaran individual telah terlaksana dengan baik dan kegiatan penilaian telah dilaksanakan oleh guru mata pelajaran secara rutin dan berkelanjutan untuk menilai kemajuan belajar siswa. Faktor penghambat pelaksanaan moving class di SMPN 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap adalah perpindahan siswa berjalan efektif dan efisien, sarana kelas masih ada yang tidak lengkap namun tetap terkelola dengan baik, Administrasi guru dan siswa terlaksana dengan maksimal, kegiatan remedial dan pengayaan dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan, dan biaya operasional moving class sepenuhnya mampu ditanggulangi oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:33
Last Modified: 23 Apr 2018 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item