Yusriati, Mirna (2013) Peningkatan Kemampuan Mengucapkan Huruf Vokal Melalui Penggunaan Media Cermin Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar I Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Diploma thesis, FIP.
|
Text
b.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang menunjukkan bahwa murid tunarungu kelas dasar I memiliki kemampuan mengucapkan huruf vokal yang rendah. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin? 2). Apakah ada peningkatan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin. 2). Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun fokus penelitian ini adalah kemampuan mengucapkan huruf vokal dan media cermin. Yang menjadi unit analisis penelitian sebanyak 5 orang murid. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media cermin dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari: a). Hasil belajar bahasa indonesia pada kompetensi mengucapkan huruf vokal melalui penggunaan media cermin pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan media cermin tidak tuntas menjadi tuntas sesudah penggunaan media cermin. b). Terjadi peningkatan keaktifan murid dalam pembelajaran mengucapkan huruf vokal melalui penggunaan media cermin pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 07:15 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 01:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7880 |
Actions (login required)
View Item |