Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa Kabupaten Gowa

SUFLIATI ROMBA, SRI (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel_PAUD_Sri Sufliati Romba.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan kognitif peserta didik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa Kabupaten Gowa, (2) Untuk mendeskripsikan desain perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa Kabupaten Gowa, dan (3) Untuk menghasilkan dan mendeskripsikan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan menarik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel & Semmel. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), Buku Panduan Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Anak (LKA). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran sebelum diterapkan model kooperatif tipe make a match di TK Nurul Fadilah Sungguminasa masih sangat didominasi oleh aktivitas guru. Pada dasarnya guru memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan mengkombinasikan antara metode ceramah, demonstrasi dan penugasan meskipun metode yang diterapkan masih bersifat individualis. Dari 17 orang peserta didik di kelompok B TK Nurul Fadilah Sungguminasa, hanya 9 orang yang memiliki kemampuan kognitif pada kategori tinggi, selebihnya masih berada pada kategori sedang dan kategori rendah, (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini didesain dalam bentuk Buku Panduan Pelaksanaan Pembelajaran, RKH, dan LKA yang diformulasikan berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di TK Nurul Fadilah Sungguminasa, (3) Perangkat pembelajaran model kooperatif tipe make a match yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:15
Last Modified: 23 Apr 2018 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7878

Actions (login required)

View Item View Item