Peningkatan Kemampuan Mengingat Makna Kata Melalui Strategi KWL (Know Want to Know Learn) Pada Murid Tunadaksa Kelas Dasar V di SLB-YPAC Makassar.

Lahay, Adeyulistia (2013) Peningkatan Kemampuan Mengingat Makna Kata Melalui Strategi KWL (Know Want to Know Learn) Pada Murid Tunadaksa Kelas Dasar V di SLB-YPAC Makassar. S1 thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.doc

Download (92kB)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil peningkatan kemampuan mengingat makna kata dengan menerapkan strategi KWL (Know Want to Know Learn) pada murid tunadaksa jenis cerebral palsy kelas dasar V di SLB YPAC Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar khususnya dalam peningkatan kemampuan mengingat makna kata dengan menerapkan strategi KWL (Know Want to Know Learn) pada murid tunadaksa pada kelas dasar V di SLB YPAC Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunadaksa jenis cerebral palsy kelas dasar V di YPAC Makassar pada tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 2 orang murid. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan. Murid tunadaksa cerebral palsy kelas dasar V di YPAC Makassar mengalami kesulitan dalam mengungkapkan informasi yang diketahuinya karena disebabkan murid kurang mengerti atau kurang paham dengan kata. Jadi, dengan demikian dapat dikatakan bahwa murid tunadaksa cerebral palsy kelas dasar V belum mampu menemukan informasi dari sebuah teks sesuai dengan standar kompetensi, ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang maksimal dan keadaan belajar yang kurang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dengan menerapkan strategi KWL (Know Want to Know Learn) pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB YPAC Makassar dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya ada satu murid yang termasuk dalam kategori tuntas. Sedangkan pada siklus II dengan menggunakan Strategi KWL (Know Want to Know Learn) pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB YPAC Makassar kedua murid mengalami peningkatan dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi kategori tuntas. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi KWL (Know Want to Know Learn) dapat meningkatkan kemampuan belajar khususnya dalam mengingat makna kata pada murid tunadaksa jenis cerebral palsy kelas dasar V di SLB YPAC Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:57
Last Modified: 23 Apr 2018 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item