Analisis Kesulitan Pengucapan Huruf pada Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SDLB Negeri 537 Bara Kota Palopo.

Hermayanto, Hermayanto (2013) Analisis Kesulitan Pengucapan Huruf pada Murid Tunarungu Kelas Dasar III di SDLB Negeri 537 Bara Kota Palopo. S1 thesis, FIP.

[img] Text
Bab I Hermayanto.doc

Download (47kB)

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang kesulitan pengucapan huruf bagi murid tunarungu. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Huruf/bunyi apa saja yang sulit diucapkan pada murid tunarungu kelas dasar III, (2) Faktor-faktor apakah yang menyebabkan kesulitan pengucapan huruf pada murid tunarungu kelas dasar III, dan (3) Bagaimanakah upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan pengucapan huruf pada murid tunarungu kelas dasar III SDLB 537 Bara Kota Palopo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan huruf/bunyi yang tidak dapat diucapkan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pengucapan huruf murid tunarungu kelas dasar III SDLB 537 Bara Kota Palopo. Fokus penelitian adalah pada aspek analisis kesulitan pengucapan huruf yang merupakan proses untuk mengetahui huruf-huruf yang sulit diucapkan oleh murid tunarungu dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pengucapan huruf serta cara mengatasi kesulitan pengucapan huruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Unit analisis dalam penelitian adalah kesulitan pengucapan huruf pada seluruh murid tunarungu kelas dasar III di SLB 537 Bara Kota Palopo, yang berjumlah 3 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan interview (wawancara). Data atau informasi yang telah dikumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif secara verbal atau dalam bentuk kata-kata, analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid tunarungu kelas dasar III sulit mengucapkan huruf vokal dan konsonan Hal ini dimungkinkan karena tingkat pendengaran sangat kurang (tuli berat) sehingga menyebabkan murid tidak pernah mendengar bunyi huruf-huruf dan usaha guru untuk mengatasi kesulitan pengucapan huruf adalah melatih dan memperbaiki pengucapan huruf-huruf vokal dan konsonan serta menyediakan media artikulasi untuk meningkatkan motivasi latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:41
Last Modified: 23 Apr 2018 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7872

Actions (login required)

View Item View Item