Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Keterampilan Dengan Menerapkan Strategi Belajar Tuntas Pada Siswa SMP Yayasan Pendidikan Bungaya Makassar.

Musdalifah, m (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Keterampilan Dengan Menerapkan Strategi Belajar Tuntas Pada Siswa SMP Yayasan Pendidikan Bungaya Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Musdalifah.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Musdalifah. 11B08064. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Keterampilan Dengan Menerapkan Strategi Belajar Tuntas Pada Siswa SMP Yayasan Pendidikan Bungaya Makassar. Dibimbing oleh Muhammad Yahya dan Hasanah Nur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah keterampilan dengan menerapkan strategi belajar tuntas (mastery learning). Jenis penelitian ini merupakan penelitian classroom action research. Penelitian yang dilakukan berbentuk siklus dengan mengacu pada model spiral Kemmis yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Bungaya Makassar sejumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan indikator yang memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran dan mutu proses yang terjadi adalah : (1) keaktifan, (2) pengadaan bahan, (3) kerapihan, dan (4) kreatifitas. Dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah keterampilan dengan menerapkan strategi belajar tuntas efektif meningkatkan hasil belajar dan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. Kata kunci: Mastery learning, classroom action research. ABSTRACT Musdalifah. 11B08064. The Improved Problem Solving Skills With Implementation Mastery Learning Strategis At The Junior High School Students Educational Foundation Bungaya Makassar. Guided by Muhammad Yahya and Nur Hasanah. This research aims to know the upgrade problem solving skills by applying mastery learning strategies (mastery learning). This type of research is research classroom action research. Research conducted with reference to the cycle-shaped model of spiral Kemmis is done in 2 cycles. The subject of this research is the seventh graders of Junior High School Education Foundation Bungaya Makassar some 40 students. Data collection method using observation, question form, test. Data analysis in this study uses descriptive analysis stastisca techniques. The results showed indicators that give an idea of the quality of learning and the quality of processes that occur are: (1) the liveliness, (2) the procurement of materials, (3) neatness, and (4) of creativity. The conclusion to be drawn that the increased ability of problem solving skills by applying mastery learning strategies to effectively enhance learning results and can improve the quality of learning. Keywords: learning, mastery classroom action research.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:38
Last Modified: 02 Nov 2016 08:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item