Keefektivan Penggunaan Pembelajaran Koperatif dengan Teknik STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Motivasi Siswa pada Jurusan Bahasa Inggris di UKI Toraja.

TEKO PATANDUK, SUSHY (2015) Keefektivan Penggunaan Pembelajaran Koperatif dengan Teknik STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Motivasi Siswa pada Jurusan Bahasa Inggris di UKI Toraja. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Article.docx

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran koperatif dengan teknik STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada jurusan Bahasa Inggris di UKI Toraja. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siwa termotivasi dengan pengunaan STAD. Penelitian ini menggunakan disain quasi-eksperimen yang melibatkan dua kelompok. Satu kelompok menerima perlakuan dengan metode pembelajaran koperatif dengan teknik STAD, dan satu kelompok lain menerima perlakuan dengan metode pembelajaran berkelompok. Subyek penelitian ini adalah kelas D dan E semester enam dari pada tahun ajaran 2012/2013. Subyek ini diambil secara random. Kelas D dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 21 siswa, dan kelas E sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 21 siswa. Data yang diperoleh berasal dari test tertulis dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan pembelajaran koperatif dengan teknik STAD meningkatkan hasil menulis siswa kelas D semester enam yang merupakan kelompok eksperimen. Hal yang sama juga terjadi pada kelompok control yang menerima perlakuan pembelajaran berkelompok, tetapi peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada kelompok yang menerima perlakuan Pembelajaran Koperatif dengan teknik STAD. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata siswa pada pre-tes dan post-tes. Pada kelompok control, nilai rata-rata siswa meningkat dari 63.05 ke 69.95, sementara pada kelompok eksperimen, nilai rata-rata siwa meningkat dari 58.24 ke 79.4. (2) siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar writing dengan menggunakan pembelajaran koperatif dengan teknik STAD. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai rata-rata angket yakni 83.05 yang termasuk kategori “termotivasi”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:03
Last Modified: 23 Apr 2018 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item View Item