Efektivitas Penggunaan Website Sekolah sebagai Media Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di MAN Palopo

MUH. NASHIR, TAKBIR (2013) Efektivitas Penggunaan Website Sekolah sebagai Media Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di MAN Palopo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUH. NASHIR TAKBIR.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUH. NASHIR TAKBIR. Efektivitas Penggunaan Website Sekolah sebagai Media Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di MAN Palopo (dibimbing oleh Husain Syam dan Abdul Muis Mappalotteng). Tujuan penelitian ini, (i) untuk mengetahui gambaran hasil belajar TIK dengan menggunakan website sekolah sebagai media pembelajaran online pada siswa kelas XI MAN Palopo, (ii) untuk mengetahui gambaran hasil belajar TIK dengan menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas XI di MAN Palopo, (iii) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran TIK dengan menggunakan website sekolah sebagai media pembelajaran online pada siswa kelas XI di MAN Palopo, (iv) untuk mengetahui pengaruh antara tingkat penggunaan website sekolah (frekuensi akses, intensitas akses, aksessibilitas dan interaktivitas) dengan pencapaian hasil belajar dalam pembelajaran TIK siswa kelas XI di MAN Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional untuk mengetahui efektivitas penggunaan website sekolah sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran TIK di MAN Palopo. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan skor responden penelitian dan teknik statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar TIK dengan menggunakan website sekolah sebagai media pembelajaran online siswa kelas XI MAN Palopo berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar TIK siswa kelas XI MAN Palopo yang menggunakan metode konvensional memiliki presentase yang tidak jauh berbeda antara siswa yang berada pada kategori tinggi dan siswa yang berada pada kategori rendah, (3) tingkat efektivitas pengggunaan website sekolah sebagai media pembelajaran online pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI MAN Palopo diperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (4) keempat variabel tingkat penggunaan website sekolah (frekuensi akses, intensitas akses, aksessibilitas dan interaktivitas) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel hasil belajar TIK siswa kelas XI di MAN Palopo. Kata Kunci: Efektivitas, Website sekolah, Pembelajaran online. ABSTRACT MUH. NASHIR TAKBIR. 2013. The Effectiveness of the Use of School’s Website as Online Learning Media on information Communication and Technology Subject in Grade XI of MAN Palopo (supervised by Husain Syam and Abdul Muis Mappalotteng) The study aimed at discovering (i) the description of the learning result of Information Communication and Technology (ICT) by utilizing school’s website as online learning media of grade XI students in MAN Palopo, (ii) the description of the learning result of ICT by utilizing conventional approach of grade XI students in MAN Palopo, (iii) the effectiveness of ICT learning by utilizing school’s website as online learning media of grade XI students in MAN Palopo, (iv) the influence between the level of website users (frequency of access, access intensity, interactivity, and accessibility) and learning achievement of ICT learning of grade XI students in MAN Palopo. The Study employed quantitative with correlationnal approach to examine the effectiveness of the use of school’s website as online learning media on ICT subject in MAN Palopo. Data were analyzed using descriptive statistics technique to describe the respondent’s scores and infenential statistics to test the hypothesis. The results of the study revealed that (i) the result of ICT learning by using school’s website as online learning media for the grade XI students of MAN Palopo was in high category, (ii) the result of the ICT learning by using conventional method for the grade XI students of MAN Palopo had insignificant difference of percentagr between students of high category and those of low category, (iii) the level of effectiveness of the use of school’s website as online learning media on ICT subject of grade XI students of MAN Palopo obtained higher learning result compared to conventional learning, (iv) four variables (frequency of access, access intensity, interactivity, and accessibility) collectively gave influence toward learning outcomes variable. Keywords: effectiveness, school’s website, online learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:38
Last Modified: 02 Nov 2016 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item