Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Jaya, Hasnah (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
SKRIPSI 2013-14.docx

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun rumusan masalah; (1) Apakah ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui metode demonstrasi? (2) Bagaimanakah aktivitas murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode demonstrasi? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode demonstrasi. (2) Aktivitas murid tunagrahita ringan selama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2012/2013 sebanyak 4 orang murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode demonstrasi yaitu pada siklus I hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam belum berhasil sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang telah ditetapkan yaitu 60, kemudian pada siklus II hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sudah berhasil. Adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dari siklus I ke siklus II maka dinyatakan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar murid tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:29
Last Modified: 23 Apr 2018 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item