Sebuah Study tentang Bahasa Guru yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris yang Efektif di Makassar

KARTINI, KARTINI (2015) Sebuah Study tentang Bahasa Guru yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris yang Efektif di Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
CHAPTER 1 1-6.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Guru adalah kunci kesuksesan proses belajar mengajar pada setiap kegiatan di kelas. Fungsi bahasa guru bukan hanya sebagai alat untuk mentransfer pengetahuan, informasi tetapi juga sebagai sumber bahasa target di kelas. Sebagaimana di ketahui bersama bahwa Guru Bahasa Inggris yang efektif menggunakan bahasa yang efektif sehingga peneliti tertarik meniliti bahasa yang di gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan : 1) jenis bahasa guru yang di gunakan oleh guru bahasa Inggris yang efektif dalam kelas, 2) bagai mana bahasa guru membantu siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris dan dua kelas siswa kelas (XI MIA 4 and XI MIA 5) yang terdiri dari 72 siswa SMAN 1 Makassar yang di pilih melalui sample puposif. Data dari penilitian ini di kumpulkan dengan menggunakan rekaman video, pengecekan daftar observasi dan wawancara. Data di analisis dengan cara analisis discourse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada delapan belas tipe bahasa guru yang digunakan oleh guru bahasa Inggris yang efektif dalam proses belajar mengajar. Disamping itu, ditemukan bahwa bahasa yel-yel “belajar bahasa Inggris” yang jawabannya “Menyenangkan” mendorong siswa untuk belajar dengan nyaman. Jenis bahasa guru seperti ini merupakan tipe bahasa guru yang baru. Disamping itu bahasa yel-yel tidak hanya berfungsi sebagai pemberi motivasi tetapi juga sebagai penarik perhatian siswa di dalam mengikuti proses belajar mengajar. (2) ada tujuh jenis bahasa guru yang membantu siswa dalam proses belajar. Banyaknya variasi bahasa guru yang digunakan dalam interaksi kelas menciptakan lingkungan belajar yang baik. Penelitian ini menyarankan agar guru bahasa Inggris sebaiknya meningkatkan kemampuannya khususnya dalam menggunakan bahasa guru karena akan menentukan minat siswa terlibat didalam kegiatan-kegiatan di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:28
Last Modified: 23 Apr 2018 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7837

Actions (login required)

View Item View Item