Penerapan Teknik Self Talk Untuk Mereduksi Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Di MAN 1 Makassar.

PUADAH, NURUL (2015) Penerapan Teknik Self Talk Untuk Mereduksi Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Di MAN 1 Makassar. S1 thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan teknik self talk untuk mereduksi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu (1) Bagaimanakah gambaran tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self talk pada siswa di MAN 1 Makassar? (2) Bagaimanakah penerapan teknik self talk dalam mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecenderungan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah di berikan perlakuan berupa teknik self talk pada siswa di MAN 1 Makassar. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik self talk dalam mengurangi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experimen design. Subjek penelitian ini adalah 7 orang yang merupakan siswa kelas XI di MAN 1 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik self talk untuk mereduksi kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar di laksanakan selama 5 tahap. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa dapat direduksi terlihat dari perilaku siswa yang sudah mampu mengontrol kecenderungan perilaku agresifnya, mengandalkan self talk positifnya sebelum mengambil tindakan, peningkatan kesadaran diri, perubahan pemikiran yang lebih positif, dan keyakinan yang lebih rasional dalam memandang suatu permasalahan, mampu mengendalikan emosi dan perilaku yang tidak sehat. (2) Tingkat kecenderungan perilaku agresif siswa di MAN 1 Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik self talk berada pada kategori tinggi, namun setelah diberi perlakuan berupa self talk tingkat kecenderungan perilaku agresif berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:44
Last Modified: 23 Apr 2018 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item