Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Peserta didik Kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Sinjai

KAHAR, TAKDIR (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Peserta didik Kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Ilmiah-Takdir Kahar.docx

Download (68kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran, dan peningkatan hasil keterampilan menulis teks eksposisi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions) peserta didik kelas X MIA I SMA Negeri 1 Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions). Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik serta melalui tes menulis. Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions). Hal tersebut dapat dilihat pada analisis hasil observasi peneliti pada siklus I menunjukkan bahwa, aktivitas guru berada pada kategori cukup atau persentase sebesar 50%. Siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu berkategori sangat baik atau persentase sebesar 47% sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tidak aktif atau persentase 59%, untuk siklus II terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi 100% siswa aktif. (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi Kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Sinjai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions). Hal tersebut tampak dari nilai yang diperoleh peserta didik pada siklus I jumlah nilai rata-rata 1,95 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II, jumlah nilai rata-rata 3,05 dan berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions).dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi Kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Sinjai. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement divisions), keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:34
Last Modified: 23 Apr 2018 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7824

Actions (login required)

View Item View Item