Penanganan Siswa Underachiever Melalui Pendekatan Self Regulation Learning (Studi Kasus Pada Siswa Di SMAN 1 Bontomarannu)

FAJRI, MUHAMMAD (2015) Penanganan Siswa Underachiever Melalui Pendekatan Self Regulation Learning (Studi Kasus Pada Siswa Di SMAN 1 Bontomarannu). Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.doc

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penanganan siswa underachiever melalui pendekatan Self Regulated Learning.Masalah penelitian ini adalah:1. Faktor-Faktor apa saja yang menyebabkan underachiever siswa?. 2. Bagaimana peranan Self Regulated Learning untuk menangani masalah underachiever siswa?.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1.Faktor-faktor yang menyebabkan underachiever siswa. 2. Peranan Self Regulated Learning untuk menangani masalah underachiever siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study klinis dimana penelitian ini hanya menggunakan 1 subjek penelitian siswa di SMA Negeri 1 Bontomarannu pada tahun ajaran 2014/2015. Alat pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Data dianalisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1.Faktor-faktor penyebab underahiever konseli terdiri atas faktor eksternal yaitu suasana atau lingkungan sekolah dan pergaulan dengan teman sebaya dan faktor internal yaitu pola belajar yang tidak teratur. 2. Peranan Self Regulated Learning dalam menghadapi underachiever siswa yaitu sebagai pengubahan pola perilaku belajar yang awalnya underachiever menjadi siswa yang berpretasi. Perubahan tersebut dapat terjadi karena siswa dilatih untuk membuat perencanaan yang mudah untuk direalisasikan sekaligus siswa dapat memonitor dan mengobservasi kinerja yang telah konseli lakukan, sehingga tujuan konseli dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:25
Last Modified: 23 Apr 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item