Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba

OTTONG, RATNAWATI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (144kB)

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Explicit Instruction pada siswa kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten. Bulukumba.Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction dalam pembelajaran IPS.(2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba Setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction.(3) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) Perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah satu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru dan siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh dari hasil observasi aktifitas mengajar guru dan belajar siswa dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan persentase. Hasil tes siklus pertama, nilai rata- ratanya mencapai 67,6 dalam kualifikasi kurang. Dari 25 siswa yang telah berhasil mencapai batas ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa (36%) sedangkan siswa yang belum tuntas belajar adalah 16 siswa (64%). Hasil tes siklus kedua, rata- ratanya mencapai 86 dan berada dalam kategori sangat baik. Dari 25 orang siswa telah berhasil mencapai batas ketuntasan belajar (100 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Explicit Instruction telah meningkatkan hasil belajar IPS khususnya pada pokok pembahasan perkembangan teknologi produksi, transportasi dan komunikasi pada siswa kelas IV SD 245 Batu Tompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:22
Last Modified: 23 Apr 2018 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item