Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Polewali.

Abdullatif, Rasnila Ariqah (2015) Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kebutuhan siswa terhadap bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 Polewali? (2) Bagaimana gambaran uji keterpakaian dan keberterimaan model bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 Polewali? (3) Bagaimana gambaran model pengembangan bimbingan belajar Quantum Learning yang dikembangkan? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran kebutuhan siswa terhadap pengembangan model bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 Polewali. (2) Mengetahui gambaran uji keterpakaian dan keberterimaan model bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 polewali (3) Mengetahui gambaran model bimbingan belajar Quantum Learning yang dikembangkan oleh peneliti. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian terdiri dari subjek uji ahli yaitu ahli bimbingan dan konseling dan ahli praktisi di lapangan serta siswa kelas X sebanyak 6 orang SMA Negeri 3 Polewali pada tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sangat dibutuhkan di SMA Negeri 3 Polewali. (2) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui uji keterpakaian mendapat penilaian baik dan uji keberterimaan mendapat penilian cukup baik, yaitu dapat diterima dan digunakan di SMA Negeri 3 Polewali. (3) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dikembangkan berupa buku panduan yang terdiri aspek tujuan, sasaran, sarana pendukung, strategi kegiatan, sumber bahan atau bahan bacaan, durasi waktu, tempat kegiatan, peran konselor, prosedur pelaksanaan dan evaluasi kegiatan atau lembar kerja siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:16
Last Modified: 23 Apr 2018 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item