Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik Pada Siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng

Syahruni, R.Hidayat (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik Pada Siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahruni R. Hidayat. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik Pada Siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng. (Dibimbing oleh Husain Syam dan Hasanah Nur). Pengembangan multimedia pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik yang memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektifitas, (2) menghasilkan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik yang efektif meningkatkan persentase tingkat kelulusan siswa, (3) mengetahui respon siswa dan guru dalam implementasi hasil pengembangan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D, langkah-langkahnya: studi pustaka, studi lapangan, penyusunan draft produk. uji coba terbatas, dan uji coba lebih luas dengan subjek ujicoba adalah siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) pengembangan multimedia pembelajaran sistem pengendali elektromagnetik yang dihasilkan memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektifitas; (2) hasil uji validitas menyatakan bahwa produk yang dihasilkan layak/valid untuk digunakan; (3) hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan sangat praktis/sangat baik; (4) hasil uji efektifitas menyatakan bahwa hasil belajar siswa jauh lebih baik dan ada peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar pada uji kompetensi tahun 2011 dan tahun 2012; (5) hasil respon siswa menunjukkan bahwa produk multimedia yang dihasilkan sangat menarik dan diminati oleh siswa karena adanya variasi dalam pemberian materi ajar, sedangkan dari hasil observasi guru yang menggunakan multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia yang digunakan interaktif, praktis dan mudah dalam penggunaannya. Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, pengendali elektromagnetik. ABSTRACT The study aimed at: (1) developing multimedia learning of electromagnetic controlling system which qualified validity, practicality and effectiveness, (2) producing multimedia learning of electromagnetic control system which effective to improve the percentage of students passing rate, (3) examining the response of students and teachers in the implementing the result of development of multimedia learning of electromagnetic controlling systems. The type of the study was research development (R&D), by conducting the following steps: study of literature, field studies, draft arrangement of the products, limited testing, and broader testing with grade XII students of Power Plant Engineering at SMKN 3 Bantaeng as the subjects. The results of the study revealed that (1) the development of the product of multimedia learning of electromagnetic controlling system qualified the validity, practicality and effectiveness, (2) the result of validity test confirmed that the product was valid to be used, (3) the result of practicality test confirmed that the product of multimedia learning was practical /extremely good, (4) the result of effectiveness test confirmed that the learning outcomes were better and improved than the learning outcomes is in 2011 and 2012 for the competence test, (5) the results of the students' response indicated that the multimedia product product was more interesting and demanded by the students due to variation in teaching material presented, whereas, based on the observation to teachers who used multimedia learning indicated that the multimedia was interactive, practical, and easy to be used. Keywords: development, multimedia learning, electromagnetic control

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:10
Last Modified: 30 Nov 2016 11:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item