Penerapan Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa.

Yusuf M, Muh (2015) Penerapan Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB 1 uchu.doc

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa dengan jumlah responden 30 orang. Masalah adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses? (2) Apakah ada pengaruh penerapan Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui gambaran Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa; (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Teknik Vicarious Learning Melalui Biografi Tokoh Lokal Sukses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest one group design 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa sebelum diberi perlakuan berupa teknik Vicarious Learning melalui biografi tokoh lokal sukses berada pada kategori sedang, akan tetapi setelah diberikan perlakuan berupa teknik Vicarious Learning melalui biografi tokoh lokal sukses mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. 2) Teknik Vicarious Learning melalui biografi tokoh lokal sukses dilakukan dalam tiga tahapan, mulai dari tahap persiapan kegiatan, tahap pelaksanaan dengan mendeskripsikan biografi tokoh lokal sukses dan terakhir tahap evaluasi kegiatan. 3) Teknik Vicarious Learning melalui biografi tokoh lokal sukses ini berpengaruh positif dan signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Manuju Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 00:59
Last Modified: 23 Apr 2018 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item