Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Alat Permainan Edukatif Balok di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

NURLINAH, NURLINAH (2015) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Alat Permainan Edukatif Balok di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
20.pdf

Download (91kB) | Preview

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui Alat Permainan Edukatif di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui Alat Permainan Edukatif Balok di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa yang beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin Pandang-Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan subyek penelitiannya yaitu 1 orang guru dan 16 orang anak kelompok B. Rancangan tindakan yang diberikan berupa penggunaan alat permainan edukatif balok dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di taman kanak-kanak yang dilaksanakan selama 5 kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui observasi dan analisis datanya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui alat permainan edukatif balok pada anak didik di Taman Kanak-Kanak Kartika XX-34 Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan melihat rata-rata hasil belajar pada pertemuan I dan II berada pada kategori kurang mengalami peningkatan pada pertemuan III sampai V dengan berada pada kategori baik. Kemampuan belajar anak mengalami peningkatan antara lain yang ditandai dengan kemampuan mengenal dan membedakan bentuk-bentuk geometri, mencocokkan bentuk geometri sesuai pola serta menyusun balok dari besar-kecil atau sebaliknya. Penggunaan alat permainan edukatif balok dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri secara lebih optimal dan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 00:54
Last Modified: 24 Apr 2018 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7790

Actions (login required)

View Item View Item