2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang

AMIR, MUSDALIFA (2015) 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pengalaman. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD). Prosedur pengembangannya menggunakan four D models (Model 4-D) yang dimodifikasi dari model Tiagharajan. Tahap pengembangan perangkat pembelajaran terdiri atas: (i) tahap define, (ii) tahap design, dan (iii) tahap develop. Ujicoba perangkat dilaksanakan di SMA Negeri 9 Pinrang dengan subjek ujicoba pada kelas XI IPA1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Pinrang, dan (ii) Perangkat pembelajaran terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). RPP dikembangkan berdasarkan empat sintaks belajar pengalaman yaitu i) concrete experience, ii) reflection observation, iii) abstract conceptualization, dan iv) active experimentation, bahan ajar disusun berdasarkan pengalaman peserta didik, dan LKPD yang dikembangkan sebagai penuntun belajar untuk menemukan konsep fluida statis melalui kegiatan demonstrasi. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran berdasarkan pengalaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:01
Last Modified: 23 Apr 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item