NURWATI, NURWATI (2016) Pengembangan Metode Multisensori Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya,. Diploma thesis, FIP.
|
Text
21.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini menelaah bagaimanakah pengembangan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pengembangan metode multisensori di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya. Pendekatan yang dilakukan berupa pengembangaan metode mulitisensori untuk meningkatkan kemapuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan pembelajaran, sedangkan subjek penelitian yaitu 10 anak kelompok B terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, kemudian hasilnya diolah secara kualitatif. Pelaksanaan penelitian sebanyak lima kali pertemuan. Hasil penelitian dari hari pertama sampai kelima menunjukkan bahwa pengembangan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya Makassar, karena setelah diterapkan metode multisensori anak-anak lebih antusias dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan lebih optimal. Sehingga dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal dilingkungan sekitar, menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, dan menyebutkan nama benda yang suara huruf awalnya sama dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 00:48 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 00:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7786 |
Actions (login required)
View Item |