Pengembangan Stategi Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak Islam Sudiang Asri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Amiruddin, Srianai (2016) Pengembangan Stategi Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak Islam Sudiang Asri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Stategi Bermain Kartu Kata Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak Islam Sudiang Asri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.pdf

Download (157kB) | Preview

ABSTRAK Pengembangan Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Islam Sudiang Asri Makassar menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Islam Sudiang Asri Makassar serta guru masih sering menggunakan (LKA) Lembar Kerja Anak, papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan .Pengembangan Pembelajaran ini adalah anak kelompok B di TK Islam Sudiang Asri Makassar yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Islam Sudiang Asri Makassar. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap pertemuan . Peningkatan dari pra tindakan ke pertemuan I sebesar 12% dari pertemuan I ke pertemuan ke II mengalami peningkatan sebesar 5%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 0%, sedangkan pada pertemuan VI sebesar 83,3%, Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain/memberi contort serta membagi anak menjadi 3 kelompok, (3) anak bergiliran untuk bermain dan mengacak kartu dengan posisi terbalik di kantung flannel dan satu per satu anak maju memilih 1 kartu dengan membaliknya, (4) anak bermain serta melakukan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca pada indikator 1 sampai 6 sesuai yang direncanakan peneliti, dan (5) mendampingi dan memotivasi anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 00:35
Last Modified: 23 Apr 2018 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7778

Actions (login required)

View Item View Item