Pengembangan Metode Bernyanyi Meningkatkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai

ERLIANIK, SRI (2016) Pengembangan Metode Bernyanyi Meningkatkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
38.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan mengenal bentuk-bentuk simbol (Pramenulis) pada anak taman kanak-kanak Angkasa 3 Mandai kabupaten Maros. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan awal membaca anak usia dini melalui metode bernyanyi sambil bermain huruf. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan pembelajaran yang dilaksanakan selama lima kali pertemuan yaitu : meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Fokus penelitian ini yaitu bernyanyi sambil bermain huruf. Subjek dalam penelitian ini guru dan anak didik Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai yang aktif pada semester ganjil th.ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dana dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian trbukti adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan (mengenal bentuk-betuk simbolpada anak di Taman Kanak-Kanak Angkasa 3 Mandai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 00:33
Last Modified: 24 Apr 2018 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item