Komparasi Prestasi Belajar (IPK) Dan Kredit Lulus Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Berdasarkan Jalur Seleksi Masuk, Jenis Kelamin, Akreditasi Sekolah, Dan Sumber Biaya

RUSLI, RUSLI (2018) Komparasi Prestasi Belajar (IPK) Dan Kredit Lulus Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Berdasarkan Jalur Seleksi Masuk, Jenis Kelamin, Akreditasi Sekolah, Dan Sumber Biaya. S3 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Rusli_Jurnal Disertasi.pdf

Download (339kB) | Preview

ABSTRAK Salah satu tempat proses pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu melalui institusi pendidikan. Salah satu institusi yang berperan dalam peningkatan kualitas manusia adalah institusi pendidikan tinggi khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pola penerimaan mahasiswa PTN saat ini melalui 3 (tiga) pola, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. masalahnya adalah dari ketiga pola jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut jalur yang mana prestasi belajar (IPK) dan kredit lulus mahasiswa yang terbaik, sehingga dapat ditentukan kuota yang ideal yang diterima oleh PTN khususnya UNM untuk ketiga jalur masuk tersebut, masalah lain yang perlu dilihat adalah prestasi belajar (IPK) dan kredit lulus mahasiswa berdasarkan gender (perempuan dan laki-laki), akreditasi asal sekolah calon mahasiswa, serta sumber biaya (bidikmis dan non bidikmisi). Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran capaian prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa UNM angkatan 2014, (ii) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa angkatan 2014 berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya, (iii) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2014 berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya, (iv) Apakah terdapat perbedaan kredit lulus mahasiswa angkatan 2014 berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya. (v) Apakah terdapat perbedaan pengaruh setiap kategori dari jalur masuk, jenis kelamin, kreditasi sekolah dan sumber biaya terhadap IPK maupun kredit lulus mahasiswa UNM angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif, dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Data prestasi belajar (IPK), jenis kelamin, kredit lulus, dan sumber biaya diperoleh dari SIA UNM, data jalur masuk diperoleh dari basis data panitia pusat SNMPTN-SBMPTN, sedangkan data akreditasi sekolah diperoleh dari sistem akreditasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) Gambaran capaian prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa, (ii) Perbedaan prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya, (iii) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya, (iv) Perbedaan kredit lulus mahasiswa berdasarkan jalur masuk, jenis kelamin, akreditasi sekolah dan sumber biaya, (v) prestasi belajar maupun kredit lulus mahasiswa yang terbaik masing-masing dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri, perempuan dan laki-laki, akreditasi sekolah (A, B, C, dan belum), serta bidikmisi dan non bidikmisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Capaian prestasi belajar mahasiswa UNM angkatan 2014, sebanyak 83,93% mahasiswa memiliki IPK pada rentang 3,01 – 4,00. Dan sebanyak 41,68% memiliki IPK pada rentang 3,51 – 4,00, (ii) Capaian kredit lulus mahasiswa UNM angkatan 2014, berada pada kategori tinggi dengan rata-rata jumlah SKS yang dilulusi sebesar 127,19 SKS (iii) prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa UNM yang terbaik adalah mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN, disusul jalur SBMPTN, dan terakhir jalur mandiri. (iv) prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa UNM perempuan lebih baik daripada laki-laki. (v) prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa UNM bidikmisi lebih baik daripada non bidikmisi. (vi) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar dan kredit lulus mahasiswa UNM berdasarkan akreditasi sekolah asal.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 09:05
Last Modified: 20 Apr 2018 09:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item